Shin Tae-yong: Andai Saja Pemain Timnas Indonesia Memiliki Lebih Banyak Menit Bermain

shion-oh.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengungkapkan bahwa minimnya waktu bermain di klub berdampak pada performa para pemainnya dalam Piala Asia 2023. Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong berhasil mencatat sejarah dengan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang digelar di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Meskipun mereka kalah 0-4 dari Australia di babak 16 besar, pencapaian ini tetap merupakan kebanggaan. Bagi pertama kalinya dalam sejarah Piala Asia, timnas Indonesia berhasil mencapai babak gugur. Meski berhasil mencetak sejarah, Shin Tae-yong mengaku masih belum puas dengan pencapaian tersebut.

Dalam wawancara dengan media Korea, Naver Sports, Shin Tae-yong menyatakan keinginannya untuk membawa Tim Garuda meraih prestasi yang lebih tinggi. “Saya merasa bisa mencapai lebih banyak hal,” kata Shin Tae-yong seperti dikutip oleh Kompas.com pada Minggu (18/2/2024). “Secara keseluruhan, kompetisi ini mengecewakan. Usia rata-rata pemain kami sekitar 22,5 tahun.” “Kami membawa para pemain yang kami pilih saat persiapan untuk Piala Dunia U-20, dan dalam beberapa hal, seperti bermain dengan tim Olimpiade,” tambah Shin. Terkait kondisi tim saat berlaga di Piala Asia 2023, Shin Tae-yong mengatakan bahwa minimnya waktu bermain di klub sangat berpengaruh terhadap performa pemainnya. Menurut Shin, situasinya menjadi sulit ketika tim dan pemain perlu meningkatkan performa mereka secara bersamaan.

“Jika mereka memiliki lebih banyak waktu (untuk persiapan), mereka akan menunjukkan peningkatan yang lebih baik.” “Ketika mereka bermain secara rutin di klub, mereka akan menjadi lebih baik lagi. Saya juga akan merasa lebih baik jika kami berhasil mencapai perempat final. Ini sangat disayangkan,” tutur Shin Tae-yong.

Setelah tampil di Piala Asia 2023, agenda terdekat timnas Indonesia adalah melanjutkan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia yang berada di Grup F dijadwalkan akan melakoni dua pertandingan melawan Vietnam.

Harap diperhatikan bahwa artikel di atas telah disederhanakan dan disesuaikan untuk kejelasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *